Membuat QRCode dengan PHP

Halo apakabar sahabat kukoding setelah kemarin kita belajar bagaimana ekspor data ke excel dan word sekarang kita coba membuat QRCode menggunakan PHP.
Di lansir dari wikipedia bahwa “Quick Response Code” atau yang biasa kita sebut QRCode adalah bentuk evolusi dari kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. penggunaan QRCOde sangat lazim di jepang hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.
Baik langsung saja kita membutuhkan satu liblary yaitu PHP QRCode yang bisa di download di sini. apabila sudah di download kemudian ekstrak file zip tersebut di dalam nya ada file index.php, file tersebut adalah demo dari  PHP QRCode.
Jika sahabat kukoding hanya memerlukan generate QRCode nya saja maka buat lah satu file baru dengan nama kukoding_qrcode.php. kemudian ketik script php berikut ini:
include "qrlib.php"; //Memanggil liblary
QRcode::png('Kodingku.com beljar QRCode'); //Kata yang akan kita generate
Kemudian reload browser maka akan tampil gambar QRCode seperti gambar di atas. nah sekarang kita sudah berhasil membuat QRCode dengan php tapi bagaimana caranya kita bisa membaca kode tersebut ? jangan hawatir bagi sahabat kukoding pengguna smartphone bisa mencari aplikasi Barcode Scaner atau semacam nya kemudian arahkan kamera ke QRCode yang kita buat akan nampak seperti ini

Screenshot_2016-03-14-15-37-26
Baik sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Hal yang Tidak Boleh Diucapkan Orangtua Kepada Anak

CONTOH SOAL & PEMBAHASAN SELEKSI TAHAP 1 OLIMPIADE KOMPUTER SMA